rpp k13 mapel produktif agribisnis teknologi hasil pertanian
Pengertian RPP K13 Mapel Produktif Agribisnis Teknologi Hasil Pertanian
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 Mapel Produktif Agribisnis Teknologi Hasil Pertanian adalah suatu rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun oleh guru sebagai panduan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas dengan mempertimbangkan kurikulum 2013 dan kebutuhan peserta didik.
RPP K13 Mapel Produktif Agribisnis Teknologi Hasil Pertanian merupakan bagian dari komponen pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran produktif agribisnis teknologi hasil pertanian. RPP ini disusun oleh guru untuk memudahkan dalam mengorganisasikan kegiatan pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Tujuan RPP K13 Mapel Produktif Agribisnis Teknologi Hasil Pertanian
Tujuan RPP K13 Mapel Produktif Agribisnis Teknologi Hasil Pertanian adalah :
1. Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Merencanakan Pembelajaran
Dengan adanya RPP K13 Mapel Produktif Agribisnis Teknologi Hasil Pertanian, guru dapat lebih mudah untuk merencanakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Selain itu, RPP K13 juga dapat membantu guru dalam mengatur waktu pembelajaran serta memilih metode pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran.
2. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Dengan RPP K13 Mapel Produktif Agribisnis Teknologi Hasil Pertanian, guru dapat mempersiapkan materi pembelajaran secara matang sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu, dengan RPP K13, guru dapat menyesuaikan materi pembelajaran dengan karakteristik peserta didik sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru.
3. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
Dengan adanya RPP K13 Mapel Produktif Agribisnis Teknologi Hasil Pertanian, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik karena pembelajaran lebih terstruktur, terorganisir dan efektif.
Isi RPP K13 Mapel Produktif Agribisnis Teknologi Hasil Pertanian
RPP K13 Mapel Produktif Agribisnis Teknologi Hasil Pertanian terdiri dari beberapa komponen, yaitu :
1. Identitas Pembelajaran
Identitas pembelajaran terdiri dari nama sekolah, mata pelajaran, kelas, semester, tema, subtema, dan indikator hasil belajar.
2. Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD)
RPP K13 Mapel Produktif Agribisnis Teknologi Hasil Pertanian harus mencakup SK dan KD yang ada pada mata pelajaran tersebut. SK dan KD berisi tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik.
3. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran harus disusun berdasarkan SK dan KD yang telah ditetapkan. Materi pembelajaran harus mencakup pengertian materi, cakupan materi, serta contoh-contoh atau ilustrasi yang dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan.
4. Metode Pembelajaran
RPP K13 Mapel Produktif Agribisnis Teknologi Hasil Pertanian harus mencakup metode pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran dapat berupa ceramah, diskusi, tanya jawab, simulasi, atau praktikum.
5. Sumber Belajar
Sumber belajar merupakan bahan yang digunakan untuk mendukung pembelajaran. Sumber belajar dapat berupa buku teks, slide presentasi, video, atau gambar.
6. Penilaian Pembelajaran
Pada RPP K13 Mapel Produktif Agribisnis Teknologi Hasil Pertanian, harus terdapat penilaian pembelajaran yang mencakup indikator penilaian, instrumen penilaian, dan kriteria penilaian. Penilaian harus dilakukan secara periodik untuk mengetahui kemajuan peserta didik dalam memahami materi yang telah disampaikan.
Tabel Contoh RPP K13 Mapel Produktif Agribisnis Teknologi Hasil Pertanian
Identitas Pembelajaran | Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Jakarta |
---|---|
Mata Pelajaran | Produktif Agribisnis Teknologi Hasil Pertanian |
Kelas | XI |
Semester | 1 |
Tema | Memahami Proses Budidaya Tanaman |
Subtema | Proses Penanaman Tanaman |
Indikator Hasil Belajar | Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah penanaman tanaman secara benar |