Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

rpp smk teknologi pengolahan hasil pertanian

Pendahuluan

Rencana Pembelajaran-Pengajaran (RPP) SMK Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian dibuat untuk membantu guru dalam merencanakan dan mengevaluasi pembelajaran. RPP ini bertujuan untuk memberikan panduan bagi guru agar dapat menjalankan pembelajaran dengan efektif dan efisien.

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Standar Kompetensi

Standar Kompetensi (SK) adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa setelah menyelesaikan pembelajaran. SK pada mata pelajaran Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian adalah:

  • Mampu mengidentifikasi sumber daya alam dan jasa di sekitar lingkungan pembelajaran
  • Mampu menganalisis potensi sumber daya pertanian dan jasa di sekitar lingkungan pembelajaran
  • Mampu merancang sistem pengolahan hasil pertanian
  • Mampu menerapkan teknologi pengolahan hasil pertanian
  • Mampu mengevaluasi pengolahan hasil pertanian

Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar (KD) adalah kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dalam setiap SK. KD pada mata pelajaran Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian adalah:

Standar KompetensiKompetensi Dasar
Mampu mengidentifikasi sumber daya alam dan jasa di sekitar lingkungan pembelajaran1.1. Menjelaskan sumber daya alam dan sumber daya jasa di sekitar lingkungan pembelajaran
Mampu menganalisis potensi sumber daya pertanian dan jasa di sekitar lingkungan pembelajaran2.1. Menjelaskan potensi sumber daya pertanian dan jasa di sekitar lingkungan pembelajaran
Mampu merancang sistem pengolahan hasil pertanian3.1. Menjelaskan prinsip-prinsip perancangan sistem pengolahan hasil pertanian
Mampu menerapkan teknologi pengolahan hasil pertanian4.1. Menjelaskan teknologi pengolahan hasil pertanian
Mampu mengevaluasi pengolahan hasil pertanian5.1. Menjelaskan kriteria evaluasi pengolahan hasil pertanian

Struktur RPP

Identitas RPP

Bagian ini berisi identitas RPP, seperti:

  • Nama Sekolah
  • Mata Pelajaran
  • Kelas
  • Waktu
  • Nama Guru

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Bagian ini berisi SK dan KD yang akan dicapai dalam pembelajaran.

Indikator Pencapaian Kompetensi

Bagian ini berisi indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran.

Tujuan Pembelajaran

Bagian ini berisi tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran.

Strategi Pembelajaran

Bagian ini berisi strategi pembelajaran yang akan dilakukan dalam pembelajaran, seperti:

  • Metode pembelajaran
  • Media pembelajaran
  • Langkah-langkah pembelajaran

Penilaian Pembelajaran

Bagian ini berisi penilaian pembelajaran yang akan dilakukan, seperti:

  • Instrumen penilaian
  • Bobot penilaian
  • Skala penilaian

Kesimpulan

RPP SMK Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian sangat penting untuk membantu guru dalam merencanakan dan mengevaluasi pembelajaran. RPP ini juga sangat penting untuk memastikan bahwa siswa dapat mencapai SK dan KD yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, guru harus mempersiapkan RPP dengan baik agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang RPP SMK Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian:

1. Apa itu RPP?

RPP adalah Rencana Pembelajaran-Pengajaran yang dibuat oleh guru sebagai panduan dalam merencanakan dan mengevaluasi pembelajaran.

2. Apa saja yang harus ada di dalam RPP?

RPP harus memuat identitas RPP, SK dan KD, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, strategi pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.

3. Mengapa RPP penting?

RPP penting untuk memastikan bahwa pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien, serta agar siswa dapat mencapai SK dan KD yang telah ditetapkan.