rpp smk teknologi pengolahan hasil pertanian
Pendahuluan
Rencana Pembelajaran-Pengajaran (RPP) SMK Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian dibuat untuk membantu guru dalam merencanakan dan mengevaluasi pembelajaran. RPP ini bertujuan untuk memberikan panduan bagi guru agar dapat menjalankan pembelajaran dengan efektif dan efisien.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
Standar Kompetensi (SK) adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa setelah menyelesaikan pembelajaran. SK pada mata pelajaran Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian adalah:
- Mampu mengidentifikasi sumber daya alam dan jasa di sekitar lingkungan pembelajaran
- Mampu menganalisis potensi sumber daya pertanian dan jasa di sekitar lingkungan pembelajaran
- Mampu merancang sistem pengolahan hasil pertanian
- Mampu menerapkan teknologi pengolahan hasil pertanian
- Mampu mengevaluasi pengolahan hasil pertanian
Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar (KD) adalah kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dalam setiap SK. KD pada mata pelajaran Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian adalah:
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
---|---|
Mampu mengidentifikasi sumber daya alam dan jasa di sekitar lingkungan pembelajaran | 1.1. Menjelaskan sumber daya alam dan sumber daya jasa di sekitar lingkungan pembelajaran |
Mampu menganalisis potensi sumber daya pertanian dan jasa di sekitar lingkungan pembelajaran | 2.1. Menjelaskan potensi sumber daya pertanian dan jasa di sekitar lingkungan pembelajaran |
Mampu merancang sistem pengolahan hasil pertanian | 3.1. Menjelaskan prinsip-prinsip perancangan sistem pengolahan hasil pertanian |
Mampu menerapkan teknologi pengolahan hasil pertanian | 4.1. Menjelaskan teknologi pengolahan hasil pertanian |
Mampu mengevaluasi pengolahan hasil pertanian | 5.1. Menjelaskan kriteria evaluasi pengolahan hasil pertanian |
Struktur RPP
Identitas RPP
Bagian ini berisi identitas RPP, seperti:
- Nama Sekolah
- Mata Pelajaran
- Kelas
- Waktu
- Nama Guru
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Bagian ini berisi SK dan KD yang akan dicapai dalam pembelajaran.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bagian ini berisi indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran.
Tujuan Pembelajaran
Bagian ini berisi tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran.
Strategi Pembelajaran
Bagian ini berisi strategi pembelajaran yang akan dilakukan dalam pembelajaran, seperti:
- Metode pembelajaran
- Media pembelajaran
- Langkah-langkah pembelajaran
Penilaian Pembelajaran
Bagian ini berisi penilaian pembelajaran yang akan dilakukan, seperti:
- Instrumen penilaian
- Bobot penilaian
- Skala penilaian
Kesimpulan
RPP SMK Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian sangat penting untuk membantu guru dalam merencanakan dan mengevaluasi pembelajaran. RPP ini juga sangat penting untuk memastikan bahwa siswa dapat mencapai SK dan KD yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, guru harus mempersiapkan RPP dengan baik agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien.
FAQ
Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang RPP SMK Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian:
1. Apa itu RPP?
RPP adalah Rencana Pembelajaran-Pengajaran yang dibuat oleh guru sebagai panduan dalam merencanakan dan mengevaluasi pembelajaran.
2. Apa saja yang harus ada di dalam RPP?
RPP harus memuat identitas RPP, SK dan KD, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, strategi pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.
3. Mengapa RPP penting?
RPP penting untuk memastikan bahwa pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien, serta agar siswa dapat mencapai SK dan KD yang telah ditetapkan.