Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

program studi fakultas teknologi pertanian universitas jambi

Sejarah Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jambi

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jambi (FTP UJ) didirikan pada tahun 2001. FTP UJ merupakan salah satu fakultas di Universitas Jambi yang memiliki program studi di bidang teknologi pertanian. Program studi yang diselenggarakan oleh FTP UJ meliputi Agroteknologi, Teknologi Pangan, dan Agribisnis.

Selama kurang lebih 20 tahun berdiri, FTP UJ telah melahirkan banyak lulusan yang sudah siap berkompetisi di dunia kerja. Selain itu, FTP UJ juga aktif melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang pertanian, khususnya di wilayah Sumatera.

Program Studi di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jambi

Agroteknologi

Program studi Agroteknologi di FTP UJ bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang teknologi produksi tanaman pangan, hortikultura, dan perkebunan. Selain itu, lulusan Agroteknologi juga diharapkan dapat mengembangkan teknologi pertanian yang ramah lingkungan.

Beberapa mata kuliah yang diajarkan di program studi Agroteknologi di antaranya adalah genetika tanaman, fisiologi tanaman, ilmu tanah, dan perlindungan tanaman.

Teknologi Pangan

Program studi Teknologi Pangan di FTP UJ bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang teknologi pengolahan bahan pangan. Lulusan Teknologi Pangan diharapkan dapat mengembangkan produk pangan yang sehat, bermutu, dan inovatif.

Beberapa mata kuliah yang diajarkan di program studi Teknologi Pangan di antaranya adalah mikrobiologi pangan, teknologi pengolahan pangan, analisis pangan, dan manajemen industri pangan.

Agribisnis

Program studi Agribisnis di FTP UJ bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang manajemen bisnis pertanian. Lulusan Agribisnis diharapkan dapat mengembangkan bisnis pertanian yang berkelanjutan dan dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

Beberapa mata kuliah yang diajarkan di program studi Agribisnis di antaranya adalah manajemen agribisnis, pemasaran agribisnis, keuangan agribisnis, dan kebijakan pertanian.

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jambi

Penelitian

FTP UJ aktif melakukan penelitian di bidang pertanian, khususnya di wilayah Sumatera. Beberapa topik penelitian yang dilakukan di FTP UJ antara lain adalah teknologi produksi tanaman pangan yang ramah lingkungan, pengendalian hama dan penyakit tanaman, dan pengembangan produk pangan inovatif.

Selain itu, FTP UJ juga melakukan penelitian dalam rangka mengembangkan agribisnis yang berkelanjutan dan dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

Pengabdian Masyarakat

FTP UJ juga aktif melakukan pengabdian masyarakat di bidang pertanian. Beberapa kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di FTP UJ antara lain adalah pelatihan teknologi produksi tanaman pangan, penyuluhan tentang pengendalian hama dan penyakit tanaman, dan pengembangan produk pangan olahan.

Selain itu, FTP UJ juga sering bekerja sama dengan lembaga pemerintah dan swasta dalam rangka mengembangkan agribisnis yang berkelanjutan dan dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

Tabel Program Studi di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jambi

No.Program StudiGelar
1AgroteknologiSarjana Pertanian (S.P)
2Teknologi PanganSarjana Teknologi Pangan (S.TP)
3AgribisnisSarjana Ekonomi (S.E)